
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Pelayanan Administrasi Kependudukan, pada Kamis (26/6/2025) di Ruang Rapat Gedung Gunung Jantan. FKP tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun.
Acara ini dihadiri oleh Plt. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Perwakilan Kecamatan dan Kelurahan, Ketua STIE Cakrawala, Media Massa, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan Tokoh Masyarakat.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Karimun, Drs. Muhd. Tahar, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya acara ini untuk dapat mendengar saran dan masukan dari berbagai pihak sekaligus mensosialisasikan pentingnya penggunaan Identitas Kependudukan Digital dalam pengurusan administrasi di era digitalisasi saat ini. Sehingga diharapkan para undangan yang hadir dapat meneruskan informasi ini kepada masyarakat, rekan dan kerabat terdekat.
Forum ini juga menampilkan Dialog Interaktif antara Kepala Bidang dan Analis Kebijakan Ahli Muda dengan para undangan yang hadir. Berdasarkan aspirasi dan kritik yang disampaikan, terdapat 7 aspirasi yang dituangkan ke dalam Berita Acara Hasil Forum Konsultasi Publik yang ditandatangani oleh perwakilan dari Kecamatan, Kelurahan, Tokoh Masyarakat, dan Media Massa.
Salah satu aspirasi yang disampaikan oleh Ketua STIE Cakrawala, Bapak Anwar, masyarakat berharap Disdukcapil dapat meningkatkan ketepatan waktu pelayanan dalam pengurusan administrasi kependudukan sehingga Standar Pelayanan Minimum dapat terpenuhi.
Selanjutnya, hasil Forum Konsultasi Publik akan ditindaklanjuti atas rekomendasi perbaikan yang telah dilakukan dan dilaporkan kepada Bupati Karimun.